Calon Ideal Harus Didukung Atas Bawah

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://nasional.kompas.com/rea...
Tanggal : Tuesday, May 18, 2010
Penulis : -
Tone : Neutral

Pengamat politik Muhammad Qodari mengungkapkan bahwa calon ideal yang kelak menjabat ketua umum Partai Demokrat adalah calon yang mendapat dua jenis dukungan.

"Dukungan dari atas, dari Pak SBY, dan dari bawah, dari pengurus DPC dan DPP," katanya katanya dalam diskusi terbatas Menuju Kongres Partai Demokrat yang Demokratis di hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (18/5/2010).

Meskipun begitu, menurut Qodari, dukungan suara dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) merupakan kunci kemenangan utama. "Kalau bicara legal formal ya, kalau kembali kepada AD/ART yang akan menentukan DPC-DPC, karena hitungan suara DPC dengan DPD sama, tapi jumlahnya banyakan DPC," katanya.

Oleh karena itulah, kandidat yang paling kuat menurut Qodari adalah kandidat yang mampu berkomunikasi dengan DPC.

Dalam kesempatan yang sama, wakil Ketua Dewan Pakar Partai Demokrat Panangian Simanungkalit menyatakan, mekanisme Kongres PD II menyerahkan pemilihan sepenuhnya kepada ketua DPD dan DPC. "Tapi tidak menutup kemungkinan aklamasi," tambahnya.

Selain itu, Panangian menyampaikan bahwa kongres PD II harus menghindari kampanye hitam dan politik uang, mendorong kebersamaan, bukan mempertajam perbedaan dan mempertahankan mekanisme demokrasi yang bersih, cerdas, dan santun.

0 Response to "Calon Ideal Harus Didukung Atas Bawah"

Post a Comment

Powered by Blogger