Darmin Nasution Siap Maju, Anggito Belum Tahu

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia
http://www.cc-indonesia.com


Bursa kandidat pengganti Sri Mulyani Indrawati di kursi menteri keuangan terus mengemuka. Di antara beberapa kandidat kuat, Darmin Nasution sudah menyatakan kesiapannya. Sementara Anggito Abimanyu mengatakan belum tahu dirinya dijagokan sebagai pengganti Sri Mulyani.

Darmin Nasution yang kini menduduki kursi pejabat sementara (Pjs) gubernur Bank Indonesia (BI) mengatakan, hingga kemarin dirinya belum mendapat tawaran dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait posisi menteri keuangan. Namun, dia menyatakan siap jika memang nanti ditunjuk. ''Belum, belum terima tawaran dari presiden. Saya itu kan tidak pernah mencari jabatan. Kalau diberi amanat, ya saya nggak bisa menghindar,'' ujarnya di kantor BI kemarin (6/5).

Meski demikian, pria kelahiran Tapanuli, 21 Desember 1948, itu tak mau berspekulasi lebih jauh dan memilih tidak berkomentar lebih banyak. Saat ini lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) yang meraih gelar doktor ekonomi dari Universitas Paris, Sorbonne, Prancis, itu memang menjadi kandidat terkuat calon menteri keuangan.

Bagaimana Anggito Abimanyu? Pria kelahiran Bogor, 19 Februari 1963, yang kini menjabat kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan itu mengatakan belum tahu dirinya disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Sri Mulyani.

''Saya belum dapat kabar juga, belum dapat kontak. Saya masih ada di luar (negeri),'' ujarnya saat dihubungi wartawan kemarin. Saat ini pria yang dikenal sebagai ahli di bidang fiskal dan anggaran itu tengah menunaikan umrah di Tanah Suci.

Anggito yang lulusan Fakultas Ekonomi UGM dan meraih gelar doktor dari Pennsylvania University, AS, itu juga menjadi kandidat kuat. Apalagi, saat muncul wacana adanya kursi wakil menteri keuangan, nama Anggito juga digadang-gadang sebagai wakil Sri Mulyani.

Sementara itu, Menko Pereko­nomian Hatta Rajasa memastikan tidak akan merangkap jabatan sebagai pelaksana tugas (plt) Menkeu yang bakal ditinggal Sri Mulyani. Jabatan tersebut akan diisi secara definitif. "Oh, kalau itu (merangkap jabatan), enggak,'' kata Hatta di Kantor Pre­siden, Jakarta, kemarin (6/5).

Menurut Hatta, hanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tahu kandidat tepat peng­ganti Sri Mulyani yang di­tunjuk menjadi managing direc­tor Bank Dunia. Soal nama-nama yang beredar saat ini, seperti Darmin dan Anggito, Hatta me­nyebut sebagai "gabungan antara harapan orang, dugaan, spekulasi, macam-macam".

sumber

0 Response to "Darmin Nasution Siap Maju, Anggito Belum Tahu"

Post a Comment

Powered by Blogger