Golkar Minta Pemerintah Jadi Mediator Krisis Thailand

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.metrotvnews.com/ind...
Tanggal : Tuesday, May 18, 2010
Penulis : Andhini
Tone : Neutral

Fraksi Partai Golkar di DPR meminta pemerintah menjadi mediator perdamaian antara militer Thailand dengan kelompok Kaos Merah. Partai Golkar menilai, Indonesia mempunyai kepentingan atas kondisi di Negeri Gajah itu.

"Indonesia-Thailand punya kerja sama ekonomi, begitu juga Thailand dengan negara ASEAN lainnya. Kita punya kepentingan agar konflik segera selesai," kata anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dalam jumpa pers di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (18/5).

Agus menerangkan, penawaran sebagai mediator bukan sebagai aksi intervensi Indonesia atas konflik di Thailand. Golkar sendiri tidak mempunyai kepentingan politik apa pun. Hingga kin ipun partai berlambang pohon beringin ini belum mengetahui apakah pemerintah telah berniat menjadi mediator perdamaian. "Kalau belum kita dorong, kalau sudah kita minta agar proposalnya segera di kirim," ucap Agus.

Lebih jauh, Agus menuturkan, Indonesia mempunyai pengalaman sebagai mediator atas konflik di berbagai negara. Karena itu, Golkar ingin pengalaman tersebut dilakukan di Thailand. Terkait krisis di Thailand, Golkar berpendapat Indonesia belum perlu memberlakukan travel warning. Indonesia juga tidak perlu menutup Kedutaan Besar Republik Indonesia di sana.

"Justru Fraksi Partai Golkar meminta Kedutaan Besar RI terus bekerja agar tetap bisa memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia di sana. Kalau mereka perlu dipulangkan, ya dipulangkan. Ini tanggung jawab Keduataan Besar RI," tegas Agus.

0 Response to "Golkar Minta Pemerintah Jadi Mediator Krisis Thailand"

Post a Comment

Powered by Blogger