Golkar Minta RI Jadi Mediator Perdamaian di Thailand

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.detiknews.com/read/...
Tanggal : Tuesday, May 18, 2010
Penulis : van/nwk
Tone : Neutral

Fraksi Partai Golkar meminta pemerintah Indonesia pro aktif menyikapi konflik di Thailand. Pemerintah diminta menjadi mediator perdamaian antara dua kubu yang berseteru di Thailand.

"Fraksi Partai Golkar DPR mendorong pemerintah RI berperan aktif menjadi fasilitator dalam membuka ruang komunikasi kedua pihak untuk perdamaian di Thailand," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Agus Gumiwang Kartasasmita dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/5/2010).

Agus yang menjabat ketua poksi I FPG DPR ini mengusulkan agar Pemerintah Indonesia menawarkan diri menjadi duta perdamaian di Thailand. Beberapa tokoh yang dikenal di dunia internasional bisa ditugaskan untuk mendamaikan Thailand.

"Kita bisa menawarkan diri menjadi mediator, proses mediasi bisa diakukan di Indonesia. Kita punya tokoh bangsa yang menurut kami bisa melakukan tugas ini, misalnya seperti Pak Jusuf Kalla," jelas Agus.

Agus menilai menjaga perdamaian Asia Tenggara menjadi kewajiban setiap negara di wilayah tersebut Indonesia. Sebab dikhawatirkan kekisruhan serupa dapat menyebar ke wilayah lain di Asia Tenggara.

"Krisis politik yang berlarut-larut dapat berimplikasi pada kawasan regional. Implikasi pada kawasan macam-macam kemungkinannya dan itu harus diantisipasi," jelas Agus.

"Kami khawatir kerja keras para pendiri Asean akan terganggu hanya karena dampak dari apa yang terjadi di Thailand," tutupnya.

0 Response to "Golkar Minta RI Jadi Mediator Perdamaian di Thailand"

Post a Comment

Powered by Blogger