Hatta Tak Akan Rangkap Jabatan Menkeu

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia
http://www.cc-indonesia.com


JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa memastikan dirinya tidak akan merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas Menteri Keuangan. Jabatan Menteri Keuangan akan diisi secara definitif.

“Oh, kalau itu (merangkap jabatan) enggak,” kata Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin. Hatta menambahkan, saat ini hanya presiden yang mengetahui kandidat yang paling tepat untuk mengganti Sri Mulyani Indrawati yang telah ditunjuk menjadi Managing Director Bank Dunia. Mengenai nama-nama yang beredar saat ini, seperti Pjs Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Anggito Abimanyu, Hatta menyebut sebagai, gabungan antara harapan orang, dugaan, spekulasi, macam-macam.

Hatta juga membantah spekulasi tertunda-tundanya pengajuan calon Gubernur Bank Indonesia (BI) merupakan sinyal Darmin Nasution akan diplot untuk menggantikan Sri Mulyani. Dia mengatakan, spekulasi nama-nama calon menteri tersebut adalah hal yang sah. “Tapi yang pasti yang paling tahu siapa yang tepat Bapak Presiden,” katanya. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga tidak bisa memastikan apakah menteri yang akan ditunjuk berasal dari kalangan profesional atau partai politik.

Hatta mengakui saat ini pasar tengah menunggu kepastian siapa menteri keuangan yang baru. Oleh karena itu, presiden telah mengumumkan persetujuan pengunduran diri Sri Mulyani Indrawati dari posisi Menteri Keuangan, untuk bertugas sebagai Managing Director Bank Dunia. Sri Mulyani akan mulai berada di Kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat, pada 1 Juni mendatang.

“Jadi waktu sekarang masih ada waktu untuk melaksanakan tugas-tugas beliau dengan masa tersebut. Bapak presiden tentu sudah memiliki, kebijakan untuk pada saat yang tepat untuk mengumumkan. Jadi kita tunggu,” kata Hatta.

Hatta menambahkan, siapapun menteri keuangan yang menggantikan Sri Mulyani, tetap akan menjalankan kebijakan yang digariskan presiden. “Jadi apa yang menjadi kebijakan presiden, para menteri akan menjalankan itu. Jadi tidak ada sesuatu yang berubah,” kata Hatta.

Mantan Mensesneg tersebut mengatakan, jabatan baru Sri Mulyani bukan untuk melarikan diri dari kondisi di dalam negeri. “Jangan dikaitkan begitu. Kita harusnya bangga, meski kita juga kehilangan,” kata Hatta. (sof)

sumber

0 Response to "Hatta Tak Akan Rangkap Jabatan Menkeu"

Post a Comment

Powered by Blogger