Kabar Indonesia

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Berikut ini adalah ringkasan berita umum utama di sejumlah surat kabar nasional:

Sejumlah asosiasi dunia usaha meminta pemerintah menunda implementasi kesepakatan perdagangan bebas Asean-India (AIFTA) Indonesia yang berlaku mulai 1 Juni. Saat ini implementasi AIFTA baru berlaku untuk Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, dan India.

Keempat negara itu telah mengimplementasikan perjanjian perdagangan bebas untuk barang pada 1 Januari 2010. Adapun Vietnam dan Myanmar juga telah melakukan proses ratifikasi dan akan memberlakukan kesepakatan tersebut pada 1 Juni. (Bisnis Indonesia)

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, emiten produsen semen kedua terbesar, meningkatkan dana belanja modal (capital expenditure) sebesar US$100 juta tahun ini, naik dari proyeksi awal sekitar US$70 juta. (Bisnis Indonesia)

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana diunggulkan sebagai calon menteri keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati. Selain profesional di bidang ekonomi, Armida dinilai rendah resistensinya terhadap partai politik dan bisa diterima pasar. (Investor Daily)

Sepak-terjang Komisaris Jenderal Susno Duadji mengejutkan banyak orang. Di satu sisi, ia dipuji karena mengungkap sejumlah kasus korupsi yang melibatkan polisi, pegawai Direktorat Jenderal Pajak, hingga makelar kasus. Di sisi lain, Susno juga diduga menerima suap dalam sejumlah kasus yang ia tangani. Inilah dua sisi wajah Susno. (Koran Tempo)

Terpilihnya Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai Ketua Pelaksana Harian Koalisi kini memberikan pertanyaan besar, akankah kasus penyimpangan pajak yang melibatkan dirinya bisa di selesaikan hingga tuntas? Pasalnya, pengunduran diri Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan konon tidak bisa lepas dari intrik politik petinggi partai tersebut yang merasa tidak nyaman dengan SMI. (Koran Neraca)

Meski sudah hampir empat tahun berlalu. Derita warga akibat lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, hingga kini belum berakhir. Pembayaran ganti rugi dengan cicilan Rp15 juta per berkas per bulan yang difasilitasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering tersendat. (Media Indonesia)

Tudingan miring terhadap produsen minyak sawit mentah (CPO) Indonesia kian gencar. Posisi produsen CPO kita pun kian terjepit. Nasib PT Sinar Mas Argo Resources Technology Tbk (SMART) adlah yang terparah. (Koran Kontan)

Anggodo Widjojo didakwa bermufakat menyuap pegawai dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Tujuannya menghentikan pengusutan kasus korupsi yang melibatkan Direktur PT Masaro Radiokom Anggoro Widjojo, kakak Anggodo. (Kompas)

Keberadaan ketua umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical), sebagai ketua harian Sekretariat gabungan (Satgab) Partai kualisi pendukung pemerintahan mengkhawatirkan partai lain, karena Golkar mendominasi di pemerintahan, Kader PKS di Kabinet Indonesia Bersatu II Tifatul Simbiring, mengusulkan agar ketua harian satgab dijabat secara bergiliran oleh partai lain. (Republika)

Kebijakan utang pemerintah perlu dikoreksi oleh menteri keuangan baru. Pengganti Sri Mulyani Indrawati nanti seharusnya menyadari sejak awal tingginya risiko fiskal akubat utang tersebut sehingga negara ini tidak terjerumus kembalui pada program penyelamatan dari lembaga keuangan internasional.(Koran Jakarta)

Member of ther ruling coalition have palyed down the new role given to Golkar Party chairman Aburizal Bakrie, saying he will not override the political influence of President Susilo Bambang Yudhoyono and Vice President Boediono. Senior political from Yudhoyono’s Democratic Party. Achsanul Qosasi, said Tusday Abirizal was appointed yhe executive chairman of the coalition’s join secretariat to improvecoordination and avoid misinterpretations the coalition partner.

sumber

0 Response to "Kabar Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger