Kriteria Calon Menkeu Versi Pengusaha

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia
http://www.cc-indonesia.com

Kalangan pengusaha berharap, menteri keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati sebaiknya profesional dan ahli di bidang ekonomi. Keahlian di bidang ekonomi, baik di bidang makro maupun moneter, akan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional tidak meleset dari target.

Jabatan menteri keuangan akan kosong setelah Sri Mulyani menjadi direktur pelaksana Grup Bank Dunia, 1 Juni mendatang. Dia akan menggantikan Juan Jose Daboub, yang akan menuntaskan empat tahun masa kerjanya pada 30 Juni.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi mengatakan, reformasi birokrasi di tubuh Kementerian Keuangan harus diteruskan, terutama pembenahan di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Bea dan Cukai. Karena itu, dibutuhkan kandidat yang tegas dan bersih.

"Yang terpenting bukan dari partai politik," kata Sofjan saat dihubungi VIVAnews, Kamis 6 Mei 2010.

Sofjan mengatakan, kandidat menteri keuangan juga harus bisa bekerja sama dengan parlemen dan menteri-menteri yang lain. Sehingga konflik antara menteri keuangan dan DPR bisa diminimalkan.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Herman Heru Suprobo menilai, sosok menteri keuangan baru harus memiliki beberapa kompetensi. Pertama, merupakan seseorang yang menjadi praktisi perbankan. Pasalnya, Menkeu baru harus mampu menjawab meningkatnya ekses likuiditas perbankan, dan meningkatnya dana di surat utang negara.

“Dia harus mampu mensinkronkan antara kebijakan makro dan sektor rill,” kata Herman melalui sambungan telepon.

Berikutnya, pengganti Sri Mulyani harus merupakan sosok yang mampu mengetahui kebutuhan dunia usaha dan investasi untuk mendorong investasi di sektor riil, sehingga bisa mendorong likuiditas mengalir ke sektor riil.

Terakhir, menteri keuangan baru mampu meneruskan reformasi di sektor perpajakan. Itu sebabnya, menurut dia, pos menteri keuangan sebaiknya diisi oleh profesional muda yang progresif dan energik seperti Sri Mulyani. Menurut dia, di negara lain juga tidak jauh berbeda, sosok menteri keuangan harus yang terpandang di dunia internasional. (hs)

sumber

0 Response to "Kriteria Calon Menkeu Versi Pengusaha"

Post a Comment

Powered by Blogger