Mungkinkah SBY Mendikte Peserta Kongres Demokrat?

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://inilah.com/news/read/po...
Tanggal : Thursday, May 20, 2010
Penulis : wdh
Tone : Neutral

Andi Mallarangeng adalah salah satu kandidat ketua umum Partai Demokrat (PD) yang paling rajin mengklaim telah mendapatkan dukungan dari SBY.

Ia juga rajin menggandeng Edhie Baskoro Yudhoyono, putra SBY dalam hampir setiap kampanyenya. Maklum, SBY adalah Ketua Dewan Pembina PD dan punya pengaruh yang menentukan.

Lalu, bagaimana SBY akan bersikap dalam kongres nanti? "Sangat kecil kemungkinannya SBY menyampaikan dukungannya kepada Andi secara terbuka," ujar analis politik M. Qodari di Jakarta, Kamis.

Menurut direktur eksekutif IndoBarometer ini, jika SBY menyampaikan dukungannya kepada salah satu kandidat, berati 'mendikte' atau memberi 'komando'.

"Kalau ternyata dukungan itu diberikan secara terbuka, akan merusak Partai Demokrat dan citra SBY sendiri," lanjut Qodari.

Kalau hal di atas tak dilakukan, masih ada kemungkinan lain yang dilakukan SBY yaitu memanggil tiga kandidat ketua umum dalam sebuah pertemuan.

Di sini SBY secara tertutup menyampaikan sikapnya--misalnya memberikan dukungan kepada salah satu kandiat. Tetapi, papar Qodari, belum tentu kandidat lain yang tidak didukung SBY akan dengan sukarela mengundurkan diri.

"Apalagi jika sikap SBY itu disampaikan secara tertutup dan terbatas yang tidak diketahui peserta kongres," pungkas Qodari.

0 Response to "Mungkinkah SBY Mendikte Peserta Kongres Demokrat?"

Post a Comment

Powered by Blogger