Patrialis Yakin Susno Berjiwa Besar Hadapi Penahanannya

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com



Kementerian Hukum dan HAM belum memberikan perlindungan hukum pada Komjen Pol Susno Duadji yang ditahan oleh Polri. Mantan Kabareskrim Polri itu diyakini berjiwa besar menghadapi penahanannya itu.

"Sampai saat ini Kemenkum HAM belum memberikan perlindungan hukum apa pun pada Susno. Saya yakin dia bisa berjiwa besar menghadapi ini," ujar Patrialis.

Patrialis mengatakan itu sebelum rapat penjelasan Presiden terhadap RUU tentang Pencabutan PP Pengganti UU No 4/2009 tentang Tipikor dengan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Menurut mantan anggota DPR itu, pihaknya tidak bisa ikut campur dalam penahanan Susno. Namun jika dalam proses penyelidikan ada pelanggaran HAM, Kemenkum HAM akan turun tangan.

Patrialis menambahkan, Kemenkum HAM tidak berwenang juga untuk menanyakan alasan Susno ditahan. Kepolisian sudah mengetahui langkahnya itu.

Sementara soal surat istri Susno yang meminta perlindungan pada Ibu Ani Yudhoyono, Patrialis tidak melarangnya. Sebab hal itu merupakan hak seseorang.

"Kita tidak bisa melarang seseorang meminta perlindungan hukum pada siapa pun. Itu hak seseorang dan dibolehkan oleh negara. Hanya perlindungannya yang seperti apa, itu yang harus kita pelajari lagi," tandas dia.

sumber

0 Response to "Patrialis Yakin Susno Berjiwa Besar Hadapi Penahanannya"

Post a Comment

Powered by Blogger