Peringatan Tragedi Trisakti

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

TRAGEDI Trisakti merupakan peristiwa penembakan terhadap empat mahasiswa Trisakti saat berdemonstrasi menuntut Soeharto turun dari kursi kekuasaan. Ekonomi Indonesia memang mulai goyah pada awal 1998, terpengaruh oleh krisis finansial Asia.

Mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran ke Gedung MPR/DPR, termasuk mahasiswa Universitas Trisakti. Mereka melakukan aksi demonstrasi dari kampus Trisakti menuju Gedung MPR/DPR. Namun, aksi mereka dihambat blokade aparat keamanan.

Akhirnya, pada sore hari, 12 Mei 1998 para mahasiswa bergerak mundur karena terdesak aparat keamanan. Aparat keamanan pun mulai menembakkan peluru ke arah mahasiswa. Para mahasiswa yang panik lari berhamburan, sebagian besar berlindung di Universitas Trisakti.

Aparat keamanan terus melakukan penembakan. Korban pun berjatuhan dan dilarikan ke Rumah Sakit Sumber Waras. Mahasiswa yang tewas adalah Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, leher, dan dada

sumber

0 Response to "Peringatan Tragedi Trisakti"

Post a Comment

Powered by Blogger