Ruhut: Makanya Sebelum Tunjuk Hidung Orang Lain, Tunjuk Hidung Sendiri

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Anggota Komisi III Ruhut Sitompul menilai penangkapan Komjen Pol Susno Duadji oleh Polri sudah sesuai prosedur hukum. Politisi nyentrik ini bahkan kembali mengingatkan Susno agar introspeksi diri sebelum menuduh orang lain.

"Makanya itu ku bilang sebelum tunjuk hidung orang lain, tunjuknya hidung sendiri," kata Ruhut Sitompul saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2010).

Menurut dia, penangkapan Polri sudah berdasar pada fakta dan bukti hukum. "Kalau tidak dipolitisir, menurut saya, penangkapan terhadap Susno telah sesuai dengan prosedur. Apalagi untuk kasus yang berkaitan dengan Susno, Mabes polri sampai membentuk Tim Independen, artinya segala sesuatunya telah dicari lewat bukti dan fakta," kata Ruhut.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam proses penyidikan, kepolisian juga mempunyai hak subjektif untuk melakukan penahanan.

"Seseorang dapat ditahan jika melihat ke dalam tiga hal, yaitu kalau dia tidak kooperatif dalam memberikan keterangan, berpotensi menghilangkan barang bukti, dan dikhawatirkan mengulangi kesalahannya lagi," jelasnya.

Ditanya apakah ada indikasi kepolisian balas dendam atas penangkapan ini, Ruhut dengan tegas menyatakan tidak. Baginya, kepolisian dalam mengusut kasus PT Salmah Arowana Lestari (SAL) ini, hanya mengembangkan informasi yang diberikan Susno dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III beberapa waktu lalu.

Mantan bintang sinetron Gerhana ini menuturkan, sebaiknya semua pihak mematuhi hukum yang berlaku termasuk Tim Kuasa Hukum Susno.

"Cara lawyer membela Susno itu cara politik, dengan road show kemana-mana di media. Kalau membela, ya di kepolisian dan kejaksaan bukan dengan tampil di mana-mana," tambahnya.

Ia juga sedikit mengkritik istri Susno yang menyatakan Polri tidak adil atas penangkapan suaminya tersebut.

"Kalau istri Pak Susno mengatakan tidak adil, bagaimana pula dengan istri yang lain, seperti istri Gayus, istri Sjahril dan yang lain (yang ditetapkan sebagai tersangka)," pungkasnya.

sumber

0 Response to "Ruhut: Makanya Sebelum Tunjuk Hidung Orang Lain, Tunjuk Hidung Sendiri"

Post a Comment

Powered by Blogger