SMI Masih Disambut 'Walk Out'

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://nasional.kompas.com/rea...
Tanggal : Thursday, May 20, 2010
Penulis : -
Tone : Neutral

Kali terakhir menghadiri Rapat Paripurna DPR, Kamis (20/5/2010), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih "disambut" dengan aksi walk out oleh Fraksi Partai Hanura.

Ketua Fraksi Hanura Abdillah Fauzi Ahmad meminta interupsi kepada pimpinan rapat, Priyo Budi Santoso. Ia menyampaikan sikap politik fraksinya seperti sebelumnya, walk out, sebagai bentuk penolakan atas kehadiran Menteri Keuangan.

"Kami ingin menyampaikan sikap politik bahwa kami konsisten menaati rapat paripurna tentang kasus Bank Century. Fraksi Hanura secara personal tidak ada masalah dengan Sri Mulyani. Oleh karena itu, kami mohon izin untuk menyatakan sikap politik dan akan melakukan walk out," kata Fauzi.

Keinginan Fraksi Hanura ini sempat ditahan oleh Priyo. Wakil Ketua DPR asal Fraksi Partai Golkar ini meminta agar kali ini Fraksi Hanura tak melakukan walk out dan mendengarkan keterangan pemerintah mengenai RAPBN 2011 yang akan disampaikan Sri Mulyani.

"Saya memohon dengan sangat kepada Fraksi Hanura agar tetap duduk di sini dan mendengar keterangan pemerintah. Sikap politik Hanura kami hormati dan kami catat. Tapi kali ini, mohon untuk tetap di sini," kata Priyo.

Akan tetapi, permohonan Priyo tampaknya tak memengaruhi sikap Fraksi Hanura. Dipimpin Fauzi, beberapa anggota fraksi beranjak keluar dari ruangan rapat setelah sebelumnya menyalami Sri Mulyani dan jajarannya.

Sebelumnya, anggota Fraksi PPP Ahmad Muqowam juga meminta agar Rapat Paripurna ditunda. Alasannya, pembahasan APBN-P 2010 belum selesai dilakukan. Di samping itu, rapat kali ini juga tak dihadiri satu pun anggota Fraksi PDI Perjuangan. Selain PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat juga tak hadir dalam paripurna hari ini karena tengah sibuk menjelang kongres yang akan dimulai besok.

"Secara peraturan memang bisa dilaksanakan. Tapi, secara sosiologis politis kita menghormati teman-teman Fraksi PDI Perjuangan dan Demokrat yang satu pun tak ada yang datang di ruangan ini," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, rapat masih diwarnai interupsi para anggota mengenai kelanjutan Rapat Paripurna. Sebagai informasi, rapat hari ini juga dibuka dengan kehadiran 249 anggota dan tidak memenuhi kuorum.

0 Response to "SMI Masih Disambut 'Walk Out'"

Post a Comment

Powered by Blogger