Susno Tak Perlu Ditahan, Cukup Dicekal

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Mabes Polri seharusnya tidak perlu menahan Komjen Pol Susno Duadji. Penahanan ini justru akan menggiring opini publik bahwa kepolisian dendam dengan jenderal bintang tiga itu.

“Apakah dia akan menghilangkan barang bukti? Saya rasa tidak. Cukup dicekal saja tak boleh keluar, jangan ditahan,” ujar Nasir Jamil kepada okezone, Selasa (11/5/2010).

Nasir menilai bahwa kasus ini justru akan menciptakan kesan di publik bahwa Polri menahan Susno sebagai upaya untuk membungkam agar mantan Kabareskrim itu tidak bersuara lagi.

“Bisa jadi sepertinya ingin membungkam Susno. Publik menilai seperti itu. Membungkan dan mengikat kaki Susno yang mau membongkar kasus Rp2 triliun,” tandas Nasir.

Dengan status pangkat Susno yang bintang tiga, lanjutnya, penahanan ini semakin menjadi bumerang bagi kepolisian. Selain penilaian publik telah terjadi pertarungan kepentingan di institusi penegakan hukum itu, juga akan tercipta kesan masyarakat jadi enggan melaporkan tindak korupsi, karena akan bernasib sama dengan Susno.

Meski demikian, Nasir tetap yakin Mabes Polri tidak akan main-main dengan masalah ini.

“Saya melihat polisi tidak akan berani main-main dengan bertindak sembrono dalam kasus ini. Jika tidak, maka kewenangan kepolisian menjadi taruhannya,” tegasnya.
sumber

0 Response to "Susno Tak Perlu Ditahan, Cukup Dicekal"

Post a Comment

Powered by Blogger