Gubernur Percaya Proses Pilkada Aman

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.surabayapost.co.id/...
Tanggal : Wednesday, June 02, 2010
Penulis : Ant
Tone : Neutral

Gubernur Jawa Timur Soekarwo percaya masyarakat Kabupaten Trenggalek sudah dewasa dalam menjalankan demokratisasi sehingga proses pemilihan kepala daerah (pilkada), Rabu (2/6), akan berjalan aman.

Dari segi lahiriah, saya percaya masyarakat Trenggalek luar biasa, katanya usai mendengar paparan persiapan Pilkada Trenggalek di Pendapa Kabupaten Trenggalek, Selasa (1/6).

Kepercayaan Gubernur itu didasarkan beberapa faktor, di antaranya di Kabupaten Trenggalek belum pernah terjadi gejolak politik yang menjurus tindakan anarkisme. Di sini juga belum ada kasus pidana dalam pilkada. KPU sini juga telah bekerja dengan baik, baik teknis maupun administratif, katanya didampingi anggota KPU Jatim, Arif Budiman.

Oleh sebab itu, dia meminta ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bersaing dalam pilkada menjaga suasana kondusif di kabupaten berpenduduk 796.061 jiwa itu. Saya sudah mendapat penjelasan bahwa sebelumnya para pasangan calon sudah menandatangani komitmen siap menang dan siap kalah, katanya.

Gubernur juga meminta KPU Kabupaten Trenggalek menyiapkan panggung terbuka setelah penetapan hasil pilkada. Di panggung itu, pasangan calon yang menang dan yang kalah harus menyampaikan pernyataan di depan publik, katanya.

Keberadaan panggung terbuka itu, lanjut Gubernur, untuk menghilangkan kesan menakutkan dan menegangkan dalam membangun demokrasi.

0 Response to "Gubernur Percaya Proses Pilkada Aman"

Post a Comment

Powered by Blogger