Kabar Makassar

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://web.bisnis.com/umum/1id...
Tanggal : Wednesday, June 02, 2010
Penulis : mrp
Tone : Neutral

Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah di Makassar, a.l.Ditemukan 1.600 tabungan ilegal, Ekspor kakao April tertekan, BPS minta warga proaktif, Aset perbankan Sulut capai Rp 15 triliun, dan IHK Sulsel Naik 0,61%:

Ditemukan 1.600 tabungan ilegal: PT Pertamina menemukan 1.600 tabung gas elpiji ukuran 3 kg berkualitas rendah di Makassar sepanjang tahun ini yang dinyatakan ilegal karena diproduksi oleh pabrik yang bukan rekanan resmi BUMN tersebut. Tabung belum sempat beredar di pasar sebab tidak lolos uji kelayakan saat pengisian di Depo Pertamina. Tabung langsung disita dan agen yang disinyalir memasok barang dikenakan sanksi. Pertamina menegaskan kualitas tabung bukan penyebab maraknya kejadian ledakan gas di Makassar sejak pelaksanaan konversi minyak tanah ke elpiji tahun lalu. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

Ekspor kakao April tertekan: Nilai ekspor Sulawesi Selatan pada April 2010 anjlok 70% dibanding Maret menyusul nihilnya pengiriman nikel dan koreksi tajam kakao. Badan Pusat Statistik kemarin melaporkan US$ 45,4 juta. Pada bulan sebelumnya, ekspor mampu menembus US$ 152,3 juta. Namun kinerja April 2010 relatif lebih baik dari bulan sama tahun lalu yang hanya US$29,5 juta. Tiga komoditas penyumbang nilai terbesar berturut-turut pesawat terbang dan bagiannya, ikan dan udang, kayu dan barang dari kayu. Kepala BPS Sulsel Bambang Suprijanto mengatakan ekspor pesawat dan bagiannya dilakukan Grup Kalla. Barang ini transit di Makassar dan dihitung sebagai ekspor. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

BPS minta warga proaktif: Badan Pusat Statistik meminta warga yang belum disensus hingga batas akhir 31 Mei 2010 agar bertindak proaktif menghubungi ketua RT atau mengontak nomor hotline yang tersedia. Imbauan ini diberikan menyusul banyaknya kasus warga yang belum disensus kendati memiliki tempat tinggal tetap, khususnya di kawasan timur Indonesia. Di sisi lain, ada laporan mengenai buruknya kinerja oknum petugas sensus di lapangan. Sejumlah petugas diketahui tidak melaksanakan sensus sesuai prosedur. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

Aset perbankan Sulut capai Rp15 triliun: Aset perbankan Sulawesi Utara pada kuartal I 2010 mencapai Rp15,38 triliun, tumbuh 18% dibanding kurun waktu serupa tahun lalu seiring ekspansi organik dan peningkatan dana pihak ketiga. Pemimpin Kantor Bank Indonesia Manado Ramlan Ginting mengatakan aset terdiri atas aset bank umum Rp15,11 triliun dan Bank Perkreditan Rakyat Rp272 miliar. Bank umum meliputi bank BUMN, swasta nasional, serta asing dan campuran. Aset bank umum tercatat melonjak 17,9% dibanding kuartal I 2009, sedangkan aset BPR meroket 28,5%.(Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

IHK Sulsel Naik 0,61%: Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, fluktuasi harga barang dan jasa di Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan gabungan 4 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) seperti di Makassar, Watampone, Parepare, dan Palopo secara umum mengalami inflasi sebesar 0,61% pada Mei 2010. Demikan dijelaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Bambang Suprijanto, dalam keterangan pers di kantornya Selasa, 1 Juni. Menurut Bambang, perubahan indeks terjadi dari 119,50 pada April 2010 naik menjadi 120,50 pada Mei 2010. (Sumber: Fajar)

Jasa Raharja Bungkam Pejabat Polda: Penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Polda Sulsel, saat ini sudah masuk pada tahap penyidikan kasus dugaan korupsi dana pajak kendaraan bermotor terkait penggunaan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLL) di Samsat Makassar. Kasus ini sudah bergulir sejak awal tahun ini. (Sumber: Fajar)

Polda Kerahkan Personel Bromob: Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mempersiapkan pengamanan kampanye hingga hari H pencoblosan untuk 10 daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada). Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Hery Subiansuri mengungkapkan, Polda menyiapkan personel brimob dan samapta untuk di-BKO-kan di polres-polres yang wilayahnya menggelar pilkada. (Sumber: Tribun Timur)

Brankas Dibobol, Uang Mahasiswa UIT Hilang: Aksi pembobolan brankas kembali terjadi kali ini pembobolan terjadi di Bank Ido Timur, Komplok Universitas Indonesia Timur (UIT), di Jl Rappocini Raya, kecamatan Rappcini, Makassar, Selasa (1 Juni). Akibatnya, sekitar Rp31 juta uang tunai dari pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) milik mahasiswa dan pembayaran gaji dosen dan karyawan dinyatakan hilang. Brankas yang diperkirakan berukuran 170 x 70 centimeter ini mengalami kerusakan di bagian depan. Brankas kemungkinan dibobol sekitar pukul 03.00 dini hari.(Sumber: Tribun Timur)

Hendak Ditahan, Zulkifli Sakit Lagi: Camat Biringkanaya, Zulkifli Nurdin, yang menjalani perawatan medis selama dua pekan di Rumah Sakit Bayangkara, mestinya kembali masuk tahanan, Selasa (1 Juni). Namun tim Kejaksaan Negeri Makassar batal membawanya karena ia kembali sakit. Zulkifli yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan pembebasan lahan pembangunan kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar kembali terbaring lemah.

0 Response to "Kabar Makassar"

Post a Comment

Powered by Blogger