Terpilihnya Anas Tak Pengaruhi Pilkada 2012

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.suarakarya-online.c...
Tanggal : Wednesday, June 02, 2010
Penulis : Joko S
Tone : Neutral

Terpilihnya Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010-2015 dipastikan tak akan membawa pengaruh besar pada kontelasi politik di DPD Partai Demokrat.

Pengamat politik UI Budhiyatna mengatakan meski Anas terpilih, sistem paternalistik yang saat ini begitu kental di Partai Demokrat, membuat Susilo Bambang Yudhoyono memiliki kewenangan penuh dalam setiap pengambilan keputusan. "Tak terkecuali hal itu menyangkut persoalan pilkada di DKI Jakarta dan pilkada daerah-daerah lain," katanya.

Budhiyatna menyarankan, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Nachrowi Ramli harus rajin melakukan pendekatan pada masyarakat Jakarta. Karena, tidak mustahil jika tiket cagub akan diberikan pada Ketua Bamus Betawi tersebut. "Faktor kedekatan SBY dan Nachrowi ketika di AKABRI bisa saja banyak menentukan," katanya. (Yon P)


Adeksi Usulkan Pilkada lewat DPRD

SURABAYA - Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota se-Indonesia (Adeksi) mengusulkan sistem pemilihan kepala daerah (pilkada) dikembalikan kepada cara lama atau pemulihannya langsung anggota DPRD.

Ketua Adeksi dan sekaligus Ketua DPRD Kota Surabaya Wisnu Wardhana, di Surabaya, Senin, menilai bahwa pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan cara langsung seperti saat ini tidak berjalan baik. "Pemilihan langsung yang terjadi bukanlah konsep ideal atas dilaksanakannya cara itu," katanya. (Andira)


Pemerintah Perkuat Eksistensi BK DPRD

JAKARTA - Staf Ahli Badan Kehormatan Dewan DPR Endah Dewi Nawangsasi mengatakan pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang Tata Tertib DPRD memberikan penguatan bagi eksistensi Badan Kehormatan DPRD.

"PP tersebut merupakan payung hukum badan kehormatan yang memberikan penguatan bagi eksistensi badan kehormatan sebagai lembaga pengawal tegaknya etika yang memiliki posisi sentral dan strategis," katanya di Depok, Selasa.

0 Response to "Terpilihnya Anas Tak Pengaruhi Pilkada 2012"

Post a Comment

Powered by Blogger