Besar Kecil Normal Lima Calon Gubernur Kalimantan Selatan Bertarung Hari Ini

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.tempointeraktif.com...
Tanggal : Wednesday, June 02, 2010
Penulis : KHAIDIR RAHMAN
Tone : Neutral

Sebanyak 2.623.296 orang pemilih di Kalimantan Selatan, Rabu (2/6), akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan gubernur dan wakil gubernur Kalsel periode 2010-2015.

Mereka akan memberikan hak suara mereka di 8.243 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Calon gubernur Kalsel yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah hari ini adalah pasangan Khairil Wahyuni-Alwi Sahlan (nomor urut 1), Sjachrani Mataja-Gusti Faried Hasan Aman (2), Rudy Ariffin-Rudy Resnawan (3), Rosehan-Saiful Rasyid (4), HM Zairullah Azhar-Habib Aboe Bakar Al Habsyie (5).

Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur, secara bersamaan juga digelar tujuh pemilihan bupati dan wali kota. Tujuh daerah yang menyelenggarakan pilkada walikota dan bupati yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Kotabaru.

"Hasil pemunggutan suara pada hari ini rencana tidak akan ditayangkan langsung oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalimantan Selatan, seperti pada pilpres lalu," kata Ketua KPU Kalimantan Selatan Mirhan kepada Tempo, Selasa (1/6).

Alasannya, KPU tidak ingin hasil pengumpulan suara sementara akan menjadi polemik di masyarakat, karena pemberitaan media cetak. Kami baru melakukan penghitungan 11 Juni hingga 20 Juni, kata Kepala Bagian Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Kalimantan Selatan Sidiq Widianto.

Untuk internal KPU, lanjut Sidiq Widianto, anggota KPU memang melakukan penghimpunan hasil suara yang dikirim KPU di 13 kabupaten/kota, namun datanya tidak akan dipublikasikan melalui media cetak.

Selain tidak menanyangkan hasil pengumpulan suara sementara, KPU juga tidak melakukan penghitungan cepat seperti pada pilpres dan pileg lalu.Kita tidak menggelar penghitungan cepat hasil pemilihan gubernur Kalsel, tegas Kepala Sekretariat KPU Kalsel Bambang Setiawan.

Bambang mengakui, ada beberapa lembaga yang menyelenggarakan penghitungan cepat pilkada Kalsel, seperti SLI, Jaringan Survei Indonesia, dan lembaga survei yang dilakukan oleh sejumlah kandidat calon gubernur Kalsel.

0 Response to "Besar Kecil Normal Lima Calon Gubernur Kalimantan Selatan Bertarung Hari Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger