Mengantisipasi Noda Tinta Pada Hasil Cetakan

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Chip

Halaman : 73 (Advertisement), Section Level 1

Tanggal : Monday, June 14, 2010

Penulis : -

Tone : Neutral

Summary :

Tanya: Pada hasil cetakan mesin printer terdapat node tinta yang menggangu kualitas cetakan do­kumen maupun foto walaupun hanya setitik, ter­utama pads mesin printer berbasis tinta. Bagai- mana cars mengatasinya? Apakah ada pengaruh dari frekuensi penggunaan dan umur dari nozzle head mesin printer tersebut?

---------------

Q: In printer printing machine, there are nodes that interfere with the ink print quality documents, for those images, although it is only a speck, especially on machines with ink-based printers. How can we fix this? Is there influence of frequency of use, and age of the printer engine nozzle head?

---------------

Pada hasil cetakan mesin printer terdapat node tinta yang menggangu kualitas cetakan do­kumen maupun foto walaupun hanya setitik, ter­utama pads mesin printer berbasis tinta. Bagai-

mana cars mengatasinya? Apakah ada pengaruh dari frekuensi penggunaan dan umur dari nozzle head mesin printer tersebut?

Jawab: Pada dasarnya mesin inkjet printer akan selalu meninggalkan sedikit tinta pads printhead nozzle (lubang kepala keluarnya tinta) yang ditandai dengan basahnya bagian sekitar printhead nozzle tersebut. Terutama pads printer yang sering dijalankan untuk mencetak dan ber­umur mesin lebih dari I tahun.

Begitu pula pads saat printhead cleaning (proses pencu­cian) dimana printhead nozzle akan mengeluarkan sedikit tinta untuk membasahi clan membersihkan bagian nozzle dari debu, kotoran halus yang menempel di permukaan printhead. Karena ukuran lubang/nozzle tersebut sangat halus maka sedikit saja debu yang menempel dapat meng­halangi/menyumbat keluarnya tinta dan mempengaruhi ku­alitas hasil cetakan.

Setiap printer inkjet selalu dilengkapi dengan mekanisme penyerap dan penampung sisa tinta dari proses pencetakan maupun proses 'pencucian' kepala printer (printhead). 3ika dibiarkan tidak diserap dapat mengotori kertas sehingga ha­sil cetakan menjadi "kotor" atau tercampur dengan warna­warna yang tidak diinginkan. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama sisa tinta tersebut dapat mengering dan menutup/me­nyumbat lubang yang sangat halus tempat keluarnya tinta. Pada proses cetakan selanjutnya tinta tidak dapat keluar sempurna berakibat hasil cetakan yang putus-putus atau pencampuran warns yang tidak sesuai.

Dengan adanya waste ink absorber, sisa-sisa tinta terse-but akan diserap hingga bersih dan aman untuk proses pencetakan selanjutnya. Namun penampung ini tentu ada days tampung maksimumnya dimana saat kondisi penuh, penyerap tidak mampu lagi menampung bahkan kondisi bisa berbalik tinta kotor dari penampung yang penuh justru mengotori printhead. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, semua printer PIXMA dilengkapi sensor pendeteksi tingkat kejenuhan penyerap tinta (waste ink absorber) ter­sebut. Pada saat hampir jenuh, printer akan menampilkan peringatan awal di layar monitor komputer seperti: "Waste ink absorber almost full!". Pada kondisi ini, printer masih bisa dioperasikan normal setelah pengguna menekan tom­bol OK. Namun pads kondisi penyerap benar-benar jenuh, printer akan berhenti beroperasi dan menampilkan pecan: "Waste ink absorber is full, please contact service center". Printer tersebut harus dibawa ke service center atau autori­ze service center terdekat untuk dilakukan penggantian waste ink absorber yang baru.

0 Response to "Mengantisipasi Noda Tinta Pada Hasil Cetakan"

Post a Comment

Powered by Blogger