Pakar: Sulit Telusuri Penyebar Pertama Video Mirip Ariel Itu

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

foto

Pakar jaringan komputer atau networking Universitas Gunadarma, Akbar Marwan mengaku untuk saat ini sulit menelusuri penyebar pertama video mesum yang pemainnya mirip Ariel-Cut Tari dan Ariel-Luna Maya. Kesulitan itu, kata dia, dikarenakan video yang tersebar melalui situs Youtube itu telah ditutup.

“Kalau sekarang susah untuk men-trace, karena dari Youtubenya sudah ditutup,” ujarnya ketika dihubungi Tempo, Selasa (08/06).

Padahal kunci pertama untuk mengetahui jejak pengirim video tersebut ialah dengan mencari nama uploadernya di situs Youtube.

Jika sudah diketahui nama uploadernya, langkah kedua, kata dia, adalah dengan mengetahui video-video apa saja yang pernah dikirimkan pengirim ke situs tersebut. Setelah itu, pihak penyidik harus menanyakan langsung ke pengelola web yang memuat video, dalam hal ini Youtube, tentang data si pngirim video. Karena Youtube berada di Amerika Serikat, pihak penyidik di Indonesia perlu berhubungan langsung dengan kepolisian Amerika Serikat untuk mendapatkan data ini.

Menurut Akbar, karena berhubungan dengan pihak di luar negeri, maka urusan mendapatkan data user ini bisa memakan waktu yang lama. Akan tetapi, kata Akbar, proses mendapatkan data ini bisa lebih cepat, jika penyidik Indonesia mempunyai hubungan baik dengan rekan di luar negeri yang menangani urusan Cybercrime. “Kalau punya rekan di luar negeri yang bekerja di bidang cybercrime, maka urusan mendapatkan data ini bisa lebih cepat,” kata Akbar.

Tetapi, Akbar mengingatkan, jika menggunakan jalur non formal ini atau berdasarkan hubungan baik dengan pihak luar negeri, maka si penyidik harus menjaga kerahasiaan identitas si pemberi data.

Setelah didapatkan data account pengirim, langkah selanjutnya penyidik perlu mencari dari IP (internet provider) manakah si pengirim ini mendaftarkan accountnya. Bahasa mudahnya, tambah Akbar, IP ini menandakan alamat rumah si pengirim. Hanya saja, dengan adanya modem USB yang saat ini marak, maka tidak menutup kemungkinan pemilik account langsung membuang kartu yang ia gunakan begitu selesai dipakai. “Kalau orangnya mengerti IT, dia bisa lewat proxy jadi tidak ketahuan identitasnya,” katanya.

Video panas yang pelakunya mirip Cut Tari dan Ariel kembali menggegerkan dunia maya. Video tersebut berdurasi lebih panjang, yaitu sekitar 8 menit dan lebih bersih dibandingkan video yang heboh sebelumnya. Tidak seperti video sebelumnya yang diduga diambil dengan ponsel oleh tangan pelaku, video kali ini nampaknya menggunakan kamera yang lebih canggih dan profesional.

Akbar mengaku belum bisa menyimpulkan apakah pengirim kedua video tersebut merupakan orang yang sama. Karena sampai saat ini, ia belum menelusuri keduanya.

sumber

0 Response to "Pakar: Sulit Telusuri Penyebar Pertama Video Mirip Ariel Itu"

Post a Comment

Powered by Blogger