26 Desa Dapat Bantuan Sarana Air Bersih

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Radar Bogor

Date : Thursday, February 11, 2010

Page : 15

Tone : Neutral

Position : Left-Center

Section : Bogor Raya


SEBAGAI langkah untuk mendu­kung dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penyediaan air bersih, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor kembali memberikan ban- tuan air bersih perdesaan. Untuk tahun ini, sebanyak 26 desa dari 23 kecamatan mendapat bantuan tersebut. "Bantuan air bersih itu diperuntukan bagi desa-desa yang kesulitan air bersih dan desa yang cakupan air bersihnya rendah," terang Kasi Sanitasi Air Bersih DKP Bambam Setia Aji, kemarin.

Bambam menegaskan bahwa penyediaan air bersih perdesaan itu dilakukan melalui dua cara. Pertama, dengan memanfaatkan sumber air terdekat dan menyam- bungkan pipa ke penampungan kemudian ke rumah warga. Se- dangkan cam kedua yakni dengan

menggunakan sumur bor. Penye­diaan air bersih perdesaan ini dikelola Badan Pengelolaan SaranaAirBersih (BPSAB). Maka, pembebanan pada masyarakat pun diatur BPSAB tersebut. Sehingga, lanjutnya, biaya tarif dan lain-lainnya diserahkan ke badan tersebut. "Kami memasang meteran dan dikenakan biaya penyambungan Rp300-400 ribu- an. Bagi masyarakat tak mampu bisa menggunakan meteran bersa- ma. Bila tak memakai meteran, dikhawatirkan mereka akan ber- lomba-lomba menggunakan air tersebut," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa desa penerima bantuan itu berda- sarkan usulan tiap-tiap desa dan data dari musrenbang serta hasil reses dewan. "Untuk tahun lalu, kita sudah mengevaluasi dan semua masyarakat penerima su- dah merasakan dan memanfaat- kan program ini," terangnya.

0 Response to "26 Desa Dapat Bantuan Sarana Air Bersih"

Post a Comment

Powered by Blogger