Aqua pertahankan harga tender offer

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant,
Software-Web Develoment and Maintenance,
Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service,
Cakrajiya Ciptana (CCi)

Media : Bisnis Indonesia

Date : Thursday, January 14, 2010

Page : F1

Tone : Neutral

Position : Bottom-Right

Section : Finansial


PT Aqua Golden Missisipi Tbk tidak mengubah harga tender offer (penawaran tender) senilai Rp450.000 per saham, di tengah pemeriksaan otori- tas pasar modal atas pengaduan investor terkait dengan dugaan kecurangan pe­nentuan harga.

Direktur Utama Aqua Parmaningsih Hadinegoro mengatakan pihaknya telah menyerahkan seluruh dokumen yang di- persyaratkan untuk melakukan pena­waran tender dalam rangka keluar dari bursa (delisting), kepada Badan Peng­awas Pasar Modal dan Lembaga Keuang- an (Bapepam-LK).

Dia mengaku tidak mengetahui adanya pemeriksaan otoritas pasar modal terha- dap Aqua, terkait dengan harga penawar- an tender yang dikeluhkan investor.

"Harga penawaran tender tetap. Kami tidak tahu ada pemeriksaan itu. Selama ini kami telah menyerahkan seluruh do- kumen kepada Bapepam-LK," tuturnya kepada pers, kemarin.

Proses izin tender offer; lanjutnya, di- harapkan segera tuntas mengingat aksi korporasi itu semula ditargetkan tuntas tahun lalu. Manajemen menyatakan de- listing dilakukan karena perdagangan sa- ham tidak likuid dan jumlah pemegang saham publik terbatas.

Bisnis mencatat Aqua rnerupakan salah satu emiten yang berkomitmen memba­gikan dividen kepada para pemegang

saham. Dividen terakhir pada 2009 senilai Rp13,16 miliar (Rp1.000 per saham) dari laba bersih 2007. Angka itu tercatat seperlima dari laba bersih periode tersebut yang mencapai Rp65,91 miliar.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusa- haan Sektor Riil Bapepam-LK Anis Barid- wan mengatakan persetujuan tender offer Aqua belum dikeluarkan karena terganjal pengaduan investor yang mencurigai ada kecurangan di balik penentuan harga ten­der.

"Ada komplain dari investor yang di- telusuri Biro PemeriksaanFdan Penyidik- an (PP] Bapepam-LK. Kalau sudah selesai di Pak Sardjito (Kabiro PP], baru ke saya lagi," tuturnya belum lama ini.

Sebelum disuspensi, harga saham per- seroan berkode AQUA terakhir diperda­gangkan pada 4 Juni 2009, dengan harga penutupan Rp244.800 per unit atau naik 20% (Rp40.800 tiap saham).

Sepanjang tahun lalu, saham emiten Grup Danone ini menguat 92,76% atau Rp117.800. Lonjakan harga dibukukan sepekan menjelang suspensi, dengan akumulasi kenaikan 77,39% atau senilai Rp106.800 per saham.

Kenaikan harga saham di pasar itu seja­lan dengan kinerja keungan perseroan. Per September 2009, pendapatan bersih me- reka melejit 19,16%, dari Rp1,67 triliun pada September 2008 jadi Rp1,99 triliun.

Akibatnya, laba bersih melonjak 57,32% menjadi Rp77,26 miliar diban- dingkan dengan kinerja pada periode yang sama 2008 senilai Rp49,11 miliar.

0 Response to "Aqua pertahankan harga tender offer"

Post a Comment

Powered by Blogger