PDAM Tangerang tekan kebocoran

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System

Consultant, Software-Web Develoment and

Maintenance,Computer Network Supply and Installation,

Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Bisnis Indonesia

Date : Friday, February 12, 2010

Page : M1

Tone : Neutral

Position : Bottom-Left

Section : Megapolitan


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang tahun ini menerapkan program zonning system guna meminimalkan tingkat kehilangan air akibat kesalahan sistem.

Kepala Humas PDAM TKR Kabupaten Tangerang Ahmad Suhanda mengatakan, zoning system ini dilakukan dengan beberapa tahapan kegiatan. Mulai dari mengisolasi suatu area di wilayah pelanggan, di mana hanya terdapat satu pipa, hingga memasang gate valve agar tidak terhubung dengan area lain. "Target tahun ini ada 12 zona," katanya kemarin.

Sejauh ini baru tiga lokasi yang sudah menggunakan zoning system yakni perumahan Eka Bhakti Serpong, perumahan Kehakiman Hal Paten, dan Batu Ceper Indah. Selanjutnya, kata Suhanda, memasang meteran induk di pipa inlet serta menutup semua gate valve.

Tahun ini juga, PDAM TKR Kabupaten Tangerang akan mengembangkan instalasi pengolahan air (IPA) Solear. Selain peningkatan kapasitas, pengembangan ini juga menambah luas areal instalasi.

Perluasan untuk menambah kemampuan IPA Solear, karena IPA ini ditargetkan mampu melayani kebutuhan air bersih untuk 30.000 konsumen.

IPA Solear barn melayani 10.000 pelanggan dengan kapasitas 100 liter/detik. Dari 10.000 pelanggan didominasi kelompok rumah tangga, enam kelompok industri dan lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Para pelanggan tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni Solear, Sukamulya, Tigaraksa, Cisoka, dan Tigaraksa dengan jumlah pelanggan terbanyak mencapai 6.500 konsumen.

Jumlah pelanggan

PDAM TKR Tangerang saat ini mencapai 105.000 pelanggan yang tersebar di seluruh Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Untuk mengembangkan ini, PDAM TKR telah menyiapkan lahan seluas 8 hektare. Pasokan bahan baku IPA Solear sangat tergantung dengan kondisi Sungai Cidurian, yang jaraknya sekitar 1,5 kilometer dari lokasi pengolahan.

"PDAM TKR Kabupaten Tangerang sejauh ini baru menyiapkan lahan, belum membuat tandon," tegasnya

0 Response to "PDAM Tangerang tekan kebocoran"

Post a Comment

Powered by Blogger