PREDIKSI RUPIAH Lelang SUN Dorong Penguatan

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Koran Jakarta

Date : Wednesday, March 24, 2010

Page : 14

Tone : Neutral

Position : Bottom-Left

Section : Finansial


Rupiah masih akan menguat seiring terus ber- lanjutnya aliran masuk dana asing, terutama karena adanya lelang surat utang negara (SUN). Tetapi penguatan tersebut diperkirakan hanya akan terbatas karena kemungkinan intervensi bank sentral, permintaan dollar AS oleh dunia usaha, dan sentimen penguatan dollar AS di pasar dunia.

Pengamat pasar valas PT Bank Internasional Indonesia- Maybank Tbk (BII-Maybank), Samuel Ringoringo, mem- perkirakan rupiah berpotensi menguat maksimal sampai 9.100 per dollar AS karena akan dijaga oleh Bank Indonesia. "Rentang perdagangannya besok (hari ini) saya perkirakan 9.100-9.150 per dollar AS," kata dia, Senin (22/3).

Pemicu utamanya adalah lelang empat seri SUN hari ini dengan target indikatif sebesar lima triliun rupiah. Permintaan oleh investor diperkirakan masih sangat besar karena pemodal besar ini tengah kelebihan likuiditas. "Mereka sudah melepas barang (portofolio investasinya), dan sekarang pegang uang," kata Samuel.

Tetapi, pemintaan dollar AS dari para eksportir masih akan meningkat untuk kebutuhan rutin di akhir bulan. Apalagi, dollar AS sudah cukup murah dibandingkan awal bulan. Di sisi lain, lanjut Samuel, dollar AS masih akan cenderung menguat terhadap mata uang besar dunia akibat !crisis Eropa.

Rupiah pada perdagangan di pasar spot kemarin memang ditutup di level 9.125 dari 9.170 per dollar AS. did/E-4


0 Response to "PREDIKSI RUPIAH Lelang SUN Dorong Penguatan"

Post a Comment

Powered by Blogger