Cilacap kembali waspadai teroris

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Masyararakat Cilacap kembali diminta untuk mewaspadai teroris, menyusul adanya penggerebekan teroris di sejumlah wilayah Indonesia. Imbauan tersebut sempat disampaikan Kapolres Cilacap AKBP Guruh Ahmad Fadianto, karena Cilacap pernah menjadi tempat persembuyian para tokoh teroris, bahkan untuk sekelas gembongnya, Noordin M Top.

Jajarannya juga ikut meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Meski demikian, peningkatan keamanan ini tidak sampai pada peningkatan status waspada.

"Intinya, kita terus meningkatkan pengamanan sesuai dengan prosedur operasi, tetapi kalau status keamanannya tetap seperti semula. Hanya kami minta untuk masyarakat lebih waspada lagi," ujar Kapolres, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait dengan penggerebekan teroris di daerah lain.

Sikap waspada tersebut, misalnya diminta melaporkan kepada aparat jika di wilayahnya ditemukan ada orang asing yang mencurigakan. Pelaporan ini untuk antisipasi dini, dengan harapan bisa mencegah jaringan teroris berkembang di wilayah ini.

Sementara dalam upaya peningkatan keamanan, secara rutin jajarannya menggelar kegiatan operasi, diantaranya patroli dan razia di jalan raya. Peningkatan ini juga dilakukan, pascapengiriman 10 napi teroris ke Pulau Nusakambangan dalam dua tahap pada pekan kemarin.

"Peran serta dan kerjasama dari masyarakat sangat kami butuhkan untuk mencegah adanya jaringan teroris khususnya di Cilacap," ujar dia.

Beberapa wilayah di Cilacap beberapa waktu lalu pernah dicap sebagai sarang teroris, seperti wilayah Desa Pasuruhan Kecamatan Binangun yang menjadi tempat persembunyian Noordin M Top. Di tempat tersebut Noordin tinggal bersama istri dan mertuanya Bahrudin Latief yang juga diketahui terlibat dalam jaringan teroris. Termasuk wilayah tetangganya yakni Kecamatan Nusawungu sebagai tempat tinggal Saefudin Zuhri, salah seorang tokoh teroris yang pertama kali ditangkap anggota Densus 88 Antiteror.

Berikutnya Desa Brebeg, Kecamatan Kawunganten yang diketahui merupakan tempat kelahiran Misno salah satu anggota jaringan teroris di Indonesia.

sumber

0 Response to "Cilacap kembali waspadai teroris"

Post a Comment

Powered by Blogger