Dibentuk Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Inisiatif masyarakat untuk melaporkan dugaan korupsi perlu didorong, termasuk di kalangan mahasiswa. Sebagai pembelajaran, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMY) mendirikan Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa.

Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa UMY menginisiasi masyarakat untuk memberanikan diri mengungkap kasus-kasus korupsi. "Lembaga ini juga untuk memberikan pendidikan dan sosialisasi anti korupsi kepada mahasiswa maupun masyarakat secara umum.

“Komunitas tersebut harus mampu menumbuhkan kesadaran pada masyarakat atau mahasiswa bahwa korupsi adalah musuh bersama yang harus dilawan bersama,” kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM UMY) Rubianto, Kamis (10/6).

Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMY menyatakan Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa akan bekerjasama dengan KPK dalam agenda pemberantasan korupsi. Kampus menjadi wilayah utama pemantauan korupsi lembaga ini. Kemudian pantauan korupsi di di pemerintah provinsi, kota, dan daerah. Hasil temuan lembaga itu akan dilaporkan ke kepolisian maupun KPK.

Menurut dia korupsi secara nasional makin parah laksana gunung es. Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa harus berperan mengurangi dengan kapasitas yang dimilikinya. Antara lain mahasiswa mencegah terjadinya korupsi di kampusnya, kemudian di masyarakat.

Fungsional Pencegahan KPK Insan Fahmi menambahkan kampus perlu menjadi ujung tombak pencegahan korupsi, caranya melakukan upaya transparansi anggaran. Mahasiswa perlu ikut mendorong kampus melakukan transparansi dimaksud.

"Peran mahasiswa di kampus sangat penting untuk menciptakan transparansi anggaran dan mendorong jalannya lembaga anti korupsi di internal kampus," ujar dia.

sumber

0 Response to "Dibentuk Lembaga Anti Korupsi Mahasiswa"

Post a Comment

Powered by Blogger