Air Bersih untuk Warga Tanjungwangi

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System

Consultant, Software-Web Develoment and

Maintenance,Computer Network Supply and Installation,

Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Pikiran Rakyat

Date : Wednesday, February 03, 2010

Page : 21

Tone : Neutral

Position : Left-Center

Section : Kabupaten Bandung Barat



Warga Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabu paten Bandung Barat, akan mendapat tambahan air bersih tahun ini. Bantuan berupa pemipaan itu, untuk menyalurkan air bersih dari mata air Cihan deuleum hingga ke permukiman.

Selama ini, masyarakat di sekitar Desa Tanjungwangi me rasakan kesulitan pasokan air bersih. Seperti yang dikatakan Entin (53), salah seorang warga Kampung Pojok, Desa Tanjung wangi, ia dan keluarganya harus mendatangkan air bersih dari mata air yang jauh.

Ketika musim hujan, pasokan air tidak begitu sulit. Namun, air akan sangat sulit didapat saat musim kemarau. "Sadayana saat (semuanya keringred.)," katanya ketika ditemui, Selasa (2/2).

Hampir senada dengan Entin, warga Kampung Cibunar Enda Kamaludin (63) mengatakan, sudah sejak lama desanya mengalami krisis air bersih. "Saya enggak mau mengandalkan air sumur untuk minum atau mandi. Kualitasnya jelek, air berwar na kuning dan bau lumpur," katanya.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Desa Tanjungwangi membuat penampungan air bersih di empat titik prioritas yaitu di Kampung Cibinong, Peer, Cibunar, dan Pojok. Satu toren bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan satu kampung. "Akan tetapi, airnya tidak sebagus dari mata air,"kata Enda.

Kepala Seksi Pembangunan Prasarana Lingkungan Permuki man pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bandung Barat M. Safirun Nababan mengatakan, tahun ini akan dilakukan upaya pengadaan air bersih untuk warga. Salah satunya, melalui bantuan pemipaan yang bisa mengalirkan air dari sumbemya untuk masyarakat.

Menurut dia, saat ini usulan daerah yang akan diberi bantuan pemipaan sedang dikaji sebelum dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) disahkan. Namun, ia menjelaskan, bantuan akan diprioritaskan bagi daerah yang sebelumnya telah memiliki de sain untuk pengadaan pasokan air bersih.

Beberapa daerah juga diprio ritaskan melalui program Water Treatment Plan (WTP).

0 Response to "Air Bersih untuk Warga Tanjungwangi"

Post a Comment

Powered by Blogger