Besaran BI Rate tidak Berubah dalam Waktu Dekat

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Media Indonesia

Date : Wednesday, March 24, 2010

Page : 13

Tone : Neutral

Position : Bottom-Right

Section : Ekonomi


PEJABAT Sementara (Pjs) Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan hingga saat ini belum ada kepentingan untuk mengubah BI rate sebesar 6,5%. BI tidak akan buru-buru menaikkan suku bunga acuannya seperti yang telah dilakukan negara lain, seperti India.

"Belum ada kepentingan kita untuk me-review BI rate. Kita punya pertim­bangan sendiri, keadaan kita sendiri," ujarnya saat ditemui seusai rapat ko­ordinasi di Kantor Menko Perekono­mian, Jakarta, kemarin.

Hingga saat ini target inflasi masih tetap terjaga karena inflasi pada Januari-Februari yang rendah dengan kemungkinan Maret akan terjadi deflasi.

"Kalaupun ada inflasi, itu rendah sekali. Cuma kita melihat kuartal satu itu cukup rendah, meskipun Januari lalu memang agak tinggi jika dibandingkan dengan biasanya," ujarnya.

Karena itu, tidak ada urgensi yang cukup kuat untuk mendorong pening­katan BI rate.

Secara terpisah DBS Group Eco­nomic Research David Carbon dalam publikasinya menyatakan BI akan menaikkan BI rate hingga ke level 8%

pada tahun ini. Penaikan itu terjadi karena tekanan inflasi yang mening­kat akibat bertumbuhnya aktivitas perekonomian. Penaikan BI rate juga dipicu terjadinya kenaikan suku bunga di kawasan regional sebesar 100 basis poin.

Sementara itu, Menko Perekono­mian Hatta Rajasa mengimbau sektor perbankan untuk bisa melakukan efisiensi agar dapat menurunkan suku bunga.

"Kita harapkan paling tidak ada pertumbuhan kredit 20% untuk betul- betul mendorong sektor riil. Tapi itu menyangkut dan tergantung otoritas BI," ujarnya. (RR/Ant/E-3)


0 Response to "Besaran BI Rate tidak Berubah dalam Waktu Dekat"

Post a Comment

Powered by Blogger