Demo Pemanasan' Marak di Daerah

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant,
Software-Web Develoment and Maintenance,
Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service,
Cakrajiya Ciptana (CCi)

Media : Koran Tempo

Date : Thursday, January 28, 2010

Page : A4

Tone : Neutral

Position : Top-Right

Section : Berita Utama


Sehari menjelang rencana aksi unjuk rasa besar-besaran pada 28 Januari, berbagai demonstrasi sudah marak di beberapa daerah. Di Medan, misalnya. sekitar 500 buruh berunjuk rasa di gedung Dewan Penvakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, di Jalan Imam Bonjol, kemarin.

Juru bicara Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992, Pahala Napitupulu, menyatakan mereka menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mundur dari jabatannya. "Tuntutan buruh hanya satu, SBY mundur dengan damai," katanya kemarin.

Aksi serupa juga dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus, Bandar Lampung. Puluhan mahasiswa menuntut agar sistem tata negara diganti. Sistem yang dianut saat ini, menurut mereka, berpihak kepada pemodal dan hanya menyuburkan mafia hukum serta ekoriomi. "Memberi celah kolusi antara pengusaha dan penguasa," kata Warji, juru bicara aksi.

Hari ini, aksi-aksi direncanakan masih akan berlanjut. Di Surabaya, Sekretaris Partai Rakyat Demokratik Mohammad Sholahuddin menyatakan sekitar 10 ribu orang akan turun ke jalan. "Isu kami cuma satu, SBY-Boediono harus segera turun," kata Sholahuddin.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Emu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Surabaya, Aswin Bahar, mengatakan mahasiswa juga menuntut SBY-Boecliono mundur dari jabatannya. "Dalam 100 hari pemerintahan, mereka terbukti gagal de.ngan tidak tuntasnya penyelesaian skandal Century," kata Aswin.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf meminta warganya tidak ikut berunjuk rasa hari ini. "Yang berunjuk rasa biar di Jakarta saja. Kalau bisa, yang di Jawa Timur tidak usah berunjuk rasa," katanya kemarin.

Di Jawa Barat, untuk mencegah aliran massa antardaerah, polda setempat akan menyekat sejumlah pintu masuk menuju Jakarta dan perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah. Langkah itu dilakukan, menurut juru bicara Polda Jawa Barat, Dade, untuk mengurangi anus masuk gelombang massa yang akan berunjuk rasa ke Jakarta.

Pengarnat politik Universitas Airlangga Surabaya, Aribowo, menilai unjuk rasa yang akan digelar hari ini tidak akan mampu menurunkan pemerintah. Unjuk rasa itu sekadar peringatan bagi pemerintah guna membenahi kebijakannya. "Saya kira wajar dan tidak akan mempengaruhi stabilitas da-

lam negeri." katanya.

0 Response to "Demo Pemanasan' Marak di Daerah"

Post a Comment

Powered by Blogger