Pemeriksaan hambat go private Aqua

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant,
Software-Web Develoment and Maintenance,
Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service,
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


Kelanjutan proses go private PT Aqua Golden Mississippi Tbk masih terganjal pemeriksaan yang dilakukan otoritas pasar modal, dari yang seharus­nya dapat tuntas akhir tahun lalu.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Sektor Riil Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Anis Baridwan mengatakan pihaknya baru dapat melanjutkan proses permohonan go private Aqua menunggu pemerik- saan Biro Pemeriksaan dan ,.iyidikan.

"Kami tidak dapat melanjutkan proses itu dulu karena kalau kami teruskan dan di sisi lain hasil pemeriksaan negatif, transaksi akan dibatalkan dan akan ka­cau," ujarnya kepada pers di Gedung Ba- pepam-LK, pada Senin.

Anis menjelaskan pengaduan itu berasal dari sejumlah pemegang saham Aqua pada pertengahan tahun lalu. La- poran terkait dengan adanya indikasi ma- nipulasi data dan laporan keuangan per- usahaan. Pertemuan itu, katanya, dilang- sungkan di Gedung Bapepam-LK dan di- hadiri beberapa orang kepala biro.

Anis menambahkan, salah satu dari beberapa pemegang saham merupakan investor asing yang datang langsung un- tuk mengadukan dugaan manipulasi data oleh Aqua.

Ketua Bapepam-LK Ahmad Fuad Rah- many menyambut baik sikap pemegang saham yang proaktif mengadukan masa- lahnya, apalagi bila ada indikasi perma- salahan itu berpotensi merugikan.

Dia menjelaskan pemeriksaan masih

berlangsung dan belum dapat membe­rikan informasi seputar pemeriksaan ka­rena sifatnya yang masih rahasia.

Kepala Biro Pemeriksaan dan Penyidik- an Bapepam-LK Sarjito juga tidak berse­dia berkomentar karena sifat informasi dart pemeriksaan yang masih berlang- sung itu rahasia.

"Nanti kalau sudah ada keputusan dari biro pemeriksaan dan penyidikan Bape- pam-LK ban' merupakan informasi pub- lik."

Direktur Utama Aqua Parmaningsih ketika dikonfirmasi tentang adanya pe- meriksaan yang dilakukan otoritas pasar modal terhadap perusahaan, membenar­kan. Namun, dia baru mengetahui ada­nya indikasi pelanggaran dan manipulasi yang dialamatkan kepada perusahaan oleh beberapa pemegang sahamnya.

"Setahu kami, perusahaan hanya di- minta data dan dokumen oleh Bapepam- LK tetapi tidak diinformasikan tentang indikasi tersebut, kami juga masih me- nunggu hasil pemeriksaan mereka .[Ba- pepam-LK]."

Bisnis mencatat otoritas mulai meme- riksa Aqua pada Oktober 2009. Seorang eksekutif yang mengetahui persoalan mengatakan ada pemegang saham yang melaporkan adanya indikasi kecurangan oleh manajemen Aqua, khususnya ter- kait dengan harga penawaran tender se- besar Rp450.000 per saham.

Berdasarkan dokumen dan barang bukti yang diajukan pemegang saham itu, Bapepam-LK pun turun tangan untuk memeriksa lebih jauh. "Menurut mereka [pemegang saham], harga penawaran tender lebih tinggi

0 Response to "Pemeriksaan hambat go private Aqua"

Post a Comment

Powered by Blogger