Ribuan Pekerja Terancam Kena PHK

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant,
Software-Web Develoment and Maintenance,
Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service,
Cakrajiya Ciptana (CCi)

Media : Pikiran Rakyat

Date : Wednesday, January 27, 2010

Page : 4

Tone : Neutral

Position : Bottom-Right

Section : Jawa Barat


Ribuan tenaga kerja pada lima belas perusahaan di Kota Bekasi terancam terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) pada Februari nanti. Hal itu terutama disebabkan membanjirnya produk Cina di daerah tersebut, yang bisa menurunkaa produksi sejumlah perusahaan yang ada di Kota Bekasi.

Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi, Purnomo Narmiadi, di sela-sela Pengukuhan Dewan Pengurus Apindo Kota Bekasi di Balai Patriot, Jln. Ahmad Yani Kota Bekasi, Selasa (26/1).

Ia menjelaskan, produk dari Cina telah mulai membanjiri Bekasi meskipun ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) belum dimulai. "Harga produk dari Cina jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan baku yang akan kita kirim ke luar negeri maupun yang kita pakai sendiri," ujarnya.

Saat ini, pihaknya telah menerima laporan dari lima belas perusahaan di Kota Bekasi yang berencana melakukan rasionalisasi (PHK) kepada sekitar 20 persen pekerjanya pada Februari nanti. "Memang baru rencana, tetapi hal ini perlu kita sikapi juga," katanya.

Mayoritas perusahaan yang akan melakukan rasionalisasi itu, menurut dia, adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronika, garmen, dan tekstil. Mengingat, hasil produksi di bidang itu bersaing ketat dengan produk Cina.

Berbeda dengan pendapat Ketua Apindo Kab. Bekasi, Sutomo, yang melihat ada peluang tersendiri ketika ACFTA ini berlaku.

Menurut dia, beberapa bahan baku seperti biji plastik lebih banyak didatangkan dari Cina. Dengan adanya pembebasan biaya masuk, kemungkinan harga bahan baku plastik pun akan lebih murah sehingga produk Indonesia bisa bersaing dengan produk Cina.

0 Response to "Ribuan Pekerja Terancam Kena PHK"

Post a Comment

Powered by Blogger