Golkar Minta KBRI Thailand Layani WNI

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://internasional.kompas.co...
Tanggal : Tuesday, May 18, 2010
Penulis : -
Tone : Neutral

Ketua Poksi I Fraksi Partai Golkar di DPR RI Agus Gumiwang Kartasasmita, yang juga Ketua DPP PG Bidang Hubungan Internasional, meminta Kedutaan Besar RI di Thailand tetap membuka dan memberikan pelayanan terhadap warga negara Indonesia.

Seperti diberitakan, situasi politik dan keamanan di Thailand memanas menyusul terjadinya bentrokan antara aparat keamanan dan para pengunjuk rasa kelompok Kaos Merah.

"KBRI harus mendata dan mengevakuasi WNI yang ada di Bangkok dan kota-kota lain di Thailand yang telah dijadikan wilayah operasi aparat keamanan," ujar Agus, yang juga Wakil Ketua Komisi I, Selasa (18/5/2010) di DPR RI.

Selain itu, Golkar juga mendorong pemerintah RI untuk berperan aktif sebagai fasilitator dan mediator dalam membuka ruang dialog antara kedua belah pihak berkonflik. Dikatakan Agus, Indonesia memiliki tokoh yang memiliki kemampuan dalam mediasi, seperti M Jusuf Kalla, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PMI.

Menurut Agus, jika konflik di Thailand berlarut-larut, hal ini dikhawatirkan dapat menciptakan instabilitas di kawasan Asia Tenggara. "Stabilitas politik di Thailand penting bagi terwujudnya cita-cita ASEAN Community, yang harus selesai pada 2015. Jika cita-cita tersebut tidak terwujud, maka agenda ASEAN bisa terhambat," katanya.

0 Response to "Golkar Minta KBRI Thailand Layani WNI"

Post a Comment

Powered by Blogger