Tiga Cabup-Cawabup Resmi Mendaftar

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://www.surabayapost.co.id/...
Tanggal : Thursday, May 20, 2010
Penulis : -
Tone : Neutral

Pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Kabupaten Malang terakhir ditutup pada Kamis (20/5) ini. Hingga Rabu (19/5) sore, sudah tiga pasangan yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat untuk mengambil formulir.

Tiga pasangan bakal cabup dan wabup yang sudah mendaftarkan diri adalah Rendra Kresna - Ahmad Subhan yang disusung Partai Golkar dan Partai Demokrat, Geng Wahyudi - Abdurachman yang maju melalui PDIP dan PKB, serta Sutikno - Rizal Fanani yang maju melalui jalur independent.

Ketua KPUD Kabupaten Malang, Abdul Holik mengatakan, Holik menjelaskan, ketiga pasangan cabup dan wabup Kabupaten Malang periode 2010-2015 tersebut dinyatakan telah memenuhi persyaratan administrasi.

Meskidemikian KPUD tetap akan memverifikasi kembali kelengkapan administrasi yang sudah diserahkan oleh masing-masing pasangan. Bila nanti dinilai ada yang kurang lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi kembali, urai Holik.

Persyaratan harus bisa dipenuhi adalah ijazah hingga Surat Keputusan (SK) dan dukungan masing-masing partai politik (parpol) yang berkoalisi. Bila dari proses verifikasi nanti ditemukan kekurangan, maka akan dikembalikan kepada yang bersangkutan untuk dilengkapi. "Paling lambat, berkas harus dikembalikan nantinya yakni pada 27 Mei 2010 mendatang dan sekaligus melengkapi kekurangan," jelas Holik.

Pasangan yang mendaftar pertama kali datang ke KPUD adalah pasangan Sutikno - Rizal Fanan. Kemudian disusul Rendra - Subhan dan selang 20 menit kemudian pendaftar ketiga yakni pasangan Geng Wahyudi Abdurachman.

KPUD berharap dalam pemilukada Kabupaten Malang nanti masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu diharapkan seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih menggunakan haknya sebaik-baiknya.zar

Sementara itu, cabup yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Mohammad Geng Wahyudi, memastikan diri menggandeng calon wakil bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Rahman.

Kepastian itu diwujudkan dalam deklarasi pasangan cabup-cawabup Malang periode 2010-2015 yang diusung PDIP yang berkoalisi dengan PKB di lapangan Desa Gelanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Rabu (19/5).

Ketua panitia deklarasi Suhadi, mengatakan, walaupun sempat terjadi perpecahan di tubuh DPC PKB Kabupaten Malang, akhirnya rekomendasi DPP PKB yang turun tetap menyandingkan kadernya dengan PDIP.

Koalisi PDIP-PKB ini merupakan semangat nasionalis dan relegius atau abang dan ijo (bangjo) yang siap mengemban amanat rakyat dan pro rakyat, ucap Suhadi yang juga anggota DPRD Kabupaten Malang tersebut.

SK DPP PKB yang merekomendasikan Abdur Rahman untuk bersanding dengan Geng Wahyudi dari PDIP itu, akhirnya PKB yang dimotori Ketua DPC Sanusi menarik dukungannya pada Partai Golkar yang mengusung calon masih menjabat ("incumbent") Wabup Rendra Kresna.

Pencabutan surat dukungan terhadap Rendra Kresna itu sesuai dengan SK DPP PKB bernomor 5260/DPP-3/V/A.1/V/2010. Dalam SK pencabutan itu juga dijelaskan arah politik yang menetapkan Geng Wahyudi dan Abdur Rahman sebagai pasangan Cabup-Cawabup Malang periode 2010-2015.

SK DPP PKB yang juiga sebagai surat rekomendasi itu, dibacakan secara terbuka di hadapan ribuan kader PDIP dan PKB serta peserta deklarasi pasangan Bangjo. Atas kebijakan dan musyawarah bersama serta mengakomodasi aspirasi bawah, DPP PKB akhirnya menetapkan pasangan tersebut untuk didukung dalam memenangkan Pilkada Malang," papar Mas'ud Asnan, Ketua Desk Pilkada DPW PKB Jawa Timur.

Sementara itu, Cabup Malang dari PDIP Mohammad Geng Wahyudi minta para kader dan pendukungnya untuk tetap berlaku tertib dan sopan ketika berada di jalan. Mari kita bersama-sama membangun daerah ini dengan keikhlasan dan hati yang bersih, supaya semua yang kita lakukan nanti mendapat barokah dan manfaat bagi masyarakat luas, tuturnya.

0 Response to "Tiga Cabup-Cawabup Resmi Mendaftar"

Post a Comment

Powered by Blogger