Polisi Selidiki Kasus Pembobolan ATM

Media Monitoring Service
Cubic Centra Indonesia (CCI)
http://www.cc-indonesia.com

Media : Internet
Website : http://megapolitan.kompas.com/...
Tanggal : Monday, May 31, 2010
Penulis : Iman Suryanto
Tone : Neutral

Kasus pencurian dan pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA masih dalam penyelidikan Satuan Reserse Polresta Bogor.

"Perkembangan sementara, kasus tersebut masih dalam penyelidikan oleh tim yang sudah kita turunkan untuk melacak keberadaan para pelaku," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor, Ajun Komisaris Polisi, Indra Gunawan, Kamis (27/5/2010).

Indra mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan jumlah uang yang berhasil dibobol oleh maling. Rencananya Kamis siang, akan datang perwakilan dari BCA pusat untuk memastikan berapa jumlah uang yang ada di mesin ATM.

"Kami belum bisa memastikan berapa jumlah uang yang telah hilang, karena data tersebut ada di BCA pusat. Rencananya siang ini akan datang perwakilan BCA pusat untuk memberikan laporan dan keterangannya," katanya.

Saat ini kata Indra, pihaknya masih mempelajari pola pencuriannya, modus pencurian yang digunakan pelaku ada pembobolan dan pencurian.

Selasa (26/5/2010) pagi seorang warga melaporkan kasus hilangnya mesin ATM BCA yang terletak di Jalan Bogor Baru Blok A-3 Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara.

Di hari yang sama, Polresta Bogor juga menemukan mesin ATM yang sudah dibongkar tergeletak di jalan di Kampung Hambulu RT 02/01 Desa Tegal, Kecamatan Kemang.

Indra memastikan, bahwa mesin ATM yang ditemukan adalah mesin ATM yang hilang tersebut.

Kondisi mesin ATM saat dilihat di Mapolresta Bogor sudah dibongkar secara paksa, dari lima bok tempat penyimpanan uang tersebut, hanya satu yang hilang, sisanya masih ada dan satu lagi sudah terbuka.

Indra mengatakan, menurut penjelasan dari Bambang Sutaryanto dari BCA cabang Bogor, mesin ATM tersebut tidak semua bok berisi uang.

Karena lokasi ATM yang cukup sepi, pihak BCA jarang mengisi semua bok uang yang ada di ATM.

"Informasi dari Bambang, mesin tersebut hanya satu bok yang berisi uang, sisanya kosong. Rencananya pada hari Selasa akan dilakukan pengisian, namun sudah lebih dulu dibobol," terang Indra.

Berdasarkan keterangan dari Bambang, yang disampaikan Indra, pada hari kejadian tepatnya pukul 03.00 WIB, BCA pusat kehilangan sinyal ATM BCA yang dicuri tersebut.

Letak ATM BCA tersebut di kawasan sepi, tidak dilengkapi penjaga, hanya dilengkapi CCTV, namun CCTV tidak dapat merekam peristiwa karena sudah ditutup lakban oleh para pencuri.

Indra mengatakan, diperkirakan jumlah pelaku labih dari lima orang, dilihat dari kerja para pencuri yang mengangkat mesin cukup berat.

Hingga kini kata Indra, pihaknya sudah memeriksa empat orang saksi, diantaranya saksi mata dan dari BCA cabang Bogor.

"Kemungkinan jumlah saksi akan bertambah," katanya.

0 Response to "Polisi Selidiki Kasus Pembobolan ATM"

Post a Comment

Powered by Blogger