490 Warga Kesulitan Air Bersih

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Suara Merdeka

Date : Sunday, February 07, 2010

Page : I

Tone : Neutral

Position : Top-Left

Section : Lintas Solo-Kedu


Sebanyak 490 warga Dusun Jati, Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Selama ini, ratusan warga di dusun tersebut hanya mengandalkan air hujan, sumber mata air dan sumur bor yang ada di dusun tetangga (Dusun Jembul).

Kepala Dusun Jati, Suradi mengatakan, setiap hari seluruh warga kesulitan mendapatkan air bersih. Meski saat ini merekadapat mengandalkan air hujan yang turun, namun air tersebut tidak bersih dan belum tentu sehat untuk konsumsi (minum) sehari-hari. Bahkan, saat kemarau ratusan warga di Dusun Jati ini hams pergi ke dusun tetangga (Dusun Jembul) untuk mendapatkan air bersih.

"Sebab, tempat terdekat yang memiliki sumur bor untuk menghasilkan air bersih hanya di Dusun Jembul," kata dia kepada Suara Merdeka, Selasa (2/2).

Sebenamya, tutur Suradi, sejak 2007, ada program bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBD Provinsi untuk pembuatan sumur bor di dusunnya tersebut. Namun, ketika program itu dilaksanakan, ternyata tidak berjalan dengan balk. "Meski sumur bomya sudah jadi, tidak dapat digunakan dan mangkrak," ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Desa Pasekan, program pembangunan sumur bor tersebut bukannya tidak berjalan dengan baik. Namun, Dana Alokasi Khusus (DAK) dad APBD Provinsi tidak mencukupi. Lagipula, lanjut dia, dalam Rencana anggaran Belanja (RAB) pengadaan sumur bor itu, tidak ada biaya untuk pembuatan bak penampungan

0 Response to "490 Warga Kesulitan Air Bersih"

Post a Comment

Powered by Blogger