Proyek Transmisi Air Baku secara Bertahap Telah Bermanfaat

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com


ARTICLE CLIPPINGS

Media : Bali Post

Date : Sunday, February 07, 2010

Page : 8

Tone : Neutral

Position : Center

Section : Seremonial


PELAKSANAAN Proyek Transmisi Air Baku Telaga Waja yang akan menyasar'penyediaan air bersih bagi tujuh wilayah kecamatan telah berjalan sesuai tahapan, hingga tahap III pemasangan jaringan pipa transmisi sudah sampai di Kecamatan Selat untuk selanjutnya tahun 2010 akan memasuki wilayah Kecamatan Bebandem dan jaringan pipa utama ke Kecamatan Manggis.

Menurut Kepala Bappeda I Wayan Arthadipa, S.H., M.H.. Selasa (2/2) di Amlapura usai berkoordinasi dengan pihak Satker Balai Sungai Bali Penida, pekerjaan proyek raksasa yang menelan dana puluhan miliar rupiah itu tidak bakal mubazir karena perencanaan pekerjaan yang ada dalam FS-DED (Feasebility Study) sudah secara matang dibuat, jauh dari kesan mubazir. Jika memerlukan informasi menyangkut DED proyek dapat langsung mendatangi Kantor Balai Sungai Bali Penida atau meminta gambaran secara umum bisa melalui Bappeda Kabupaten Karangasem.

Dikatakannya, masalah sosialisasi proyek bukan merupakan kewenangan Balai mengingat proyek tersebut sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian N.J. namun untuk sosialisasi di setiap tahapan pada wilayah yang dilalui sudah dilakukan. Manfaat air bersih saat ini sudah menyasar sekitar 2.500 KK dari target 10.000 KK pascatahap III ini.

Mengenai dugaan proyek dibelokkan ke wilayah Kecamatan Manggis, dijelaskan Arthadipa, pekerjaan fisik pemasangan pipa tidak ada

yang dibelokkan. tetapi memang sudah didesain sedemikian rupa. Kubu sebagai titik sasaran terjauh dari pemasangan pipa tidak bisa langsung dituju. Karena pekerjaan berskala besar harus secara profesional dilakukan bertahap sekaligus dapat memberi manfaat di setiap tahapannya, itu yang namanya pekerjaan profesional secara teknis rK diatur step demi step, bahkanjika langsung ke Kubu sebaliknya namanya perencanaan tidak profesional.

Dikatakannya, dari

tahun 2007 selama tiga

tahun pembiayaan

pipa baru bisa di-

pasang hingga di Kecamata Selat. Bagi war-

ga di Tegenan Rendang, Muncan, Sidemen

dan Selat, air bersih Telaga Waja sudah di-

manfaatkan warga bahkan dinikmati secara

gratis, karena pembiayaannya masih ditang-

gung Pemprov Bali, sebelum setelah enam

bulan akan diserahkan kepada pihak Balai.

Melalui camat, Bupati telah menginstruksikan agar mendata masyarakat yang aka menggunakan air baku Telaga Waja sehingga pada saat pemasangan pipa dapat diatur dengan baik. Nantinya jika dipandang kabupaten sudah siap menerima penyerahan pengelolaan air bexsih tersebut baru akan diserahkan oleh pihak Balai. Hingga tahun 2009 dana yang sudah diserap proyek transmisi air baku sejumlah Rp 83 miliar Tiga pihak yang terlibat dalam penanganan pembiayaan yakni pemerintah pusat melalui Balai untuk pembiayaan pipa transmisi, Pemprov Bali dan Cipta Karya untuk pipa distribusi utama serta Pemkab Karangasem untuk pelayanan kepada masyarakat sudah mengucurkan sekitar Rp 600 juta.

0 Response to "Proyek Transmisi Air Baku secara Bertahap Telah Bermanfaat"

Post a Comment

Powered by Blogger