Menaker Gandeng Polri Atasi Konflik Buruh

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant,
Software-Web Develoment and Maintenance,
Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service,
Cakrajiya Ciptana (CCi)

Media : Pikiran Rakyat

Date : Wednesday, January 27, 2010

Page : 15

Tone : Neutral

Position : Bottom-Right

Section : Hot Economics


UNTUK mengatasi konflik buruh, Menteri Tenaga Kerja dan. Transmigrasi Muhaimin Iskandar duduk bersama dengan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hcndarso Danuri dan 25 Serikat Buruh dan Serikat Pekerja (SP). Pertemuan ini sebagai upaya untuk membentuk persepsi tentang penanganan yang terkait dengan hubungan industrial. Selama ini, masih terjadi kasus hubungan industrial yang dibawa ke dalam lingkup pidana, padahal hal tersebut dalam hukum perdata.

"Para Serikat Pelcerja dan Serikat Buruh juga harus memahami tugas dan wewcnang Polri sebagai penjaga keamanan dan ketentraman," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta, kemarin.

Menurut Muhaimin, dan sekian banyak kasus yang terjadi dengan hubungan industrial itu kebanyakan masuk dalam hukum perdata. Tapi jika ada indikasi tindak kriminal, pasti akan diproses secara pidana.

Muhaimin menjelaskan, kesepakan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Depnakertrans dan Polri itu terkait dengan permasalahan yang menyangkut perburuhan.

Di tempat yang sama, Hendarso mengharapkan dengan adanya pertemuan dengan SP bisa memra Kementerian Tenaga Kerja dan percepat pelaksanaan MoU antaTransmigrasi dengan Polri.

Selain itu, pihaknya akan menganalisis terhadap bcrbagai masalah terkait dengan UU No. 21 dan UU No. 13 tahun 2003 dengan menerima Astikan yang disampaikan serikat pekerja dan serikat buruh.

"Terkait kasus-kasus yang muncul ke permukaan terkait buruh atau perkerja, tentunya kami akan melakukan proses baik pidana maupun perdata," tegas Bambang.

Menurut Hendarso, penyelesaian masalah yang terkait dengan ketcnagakerjaan mesti melibatkan berbagai pihak terkait. Di antaranya pengusaha dan buruh bekerja sama dalam mencari solusi terbaik.

0 Response to "Menaker Gandeng Polri Atasi Konflik Buruh"

Post a Comment

Powered by Blogger